Home » » Kapal Express Cantika 89, pengganti Express Bahari

Kapal Express Cantika 89, pengganti Express Bahari


Jepara, PT Pelayaran Sakti Inti Makmur (SIM) selaku operator kapal tujuan Jepara – Karimunjawa (Jateng) akan mengganti Kapal Motor Cepat (KMC) Express Bahari (EB) 9 dan 8C, Selasa (11/12/2012) hari ini. Pengelola akan mengoperasikan KMC Express Cantika (EC) 89. Pergantian kapal ini dikarenakan jumlah penumpang yang menuju ke Kecamatan Karimunjawa semakin hari semakin meningkat tajam.

“Selain ada peningkatan penumpang, terutamanya di akhir pekan, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Penggantian kapal memang terencana sejak awal kami ke Jepara,” ujar Kepala Cabang PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur, Johan BI, Senin (10/12/2012) kemarin. Dijelaskan Johan, kapal baru KMC Express Cantika 89. merupakan kapal buatan terbaru 2012. Kapal ini dibuat oleh Sarana Bahari Nusantara yang merupakan anak perusahaan dari PT Pelayaran SIM. Kapal ini diberangkatkan dari Belitung Jumat (7/12) sekitar pukul 02.00. Tiba di Jepara sekitar pukul 15.30 sore harinya.

“Rencana awal kami kirim KMC Express Bahari 9B. Namun kami ganti dengan Express Cantika yang kapasitasnya lebih besar. Sementara ini Express Bahari 9B dioperasikan di Manado,” katanya.

Johan menambahkan, rencana penggantian kapal ini lebih awal dari rencana semula, yaitu Januari 2013. Sementara KMC Express Bahari 9 dan KMC Express Bahari 8C dikembalikan ke Belitung. Tidak dioperasikannya KMC Express Bahari 8C karena ukurannya terlalu besar. Selain itu dermaga di Jepara tidak memadai. “Untuk Express Bahari 9 sementara dikandangkan dan Express Bahari 8C dioperasikan di Tanjung Pandan, Belitung,” tambahnya.

Meski ada penggantian kapal, jadwal maupun harga tiket VIP sebanyak 36 tempat duduk dan eksekutif sebanyak 232 duduk tidak ada perubahan.

Sumber : seru.com , Foto : travel.detik.com