Home » » Wisata Hutan Mangrove Karimunjawa

Wisata Hutan Mangrove Karimunjawa

Wisata Hutan Mangrove Karimunjawa

  

Jika ingin menikmati suasana wisata yang berbeda, Anda bisa mencoba berwisata di pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Dengan trek wisata ke taman nasional Mangrove, Anda akan menyusuri sejuknya hutan Mangrove seluas lebih dari 10 hektar, dengan jalur trek sepanjang 2 kilometer, Anda dapat menikmati beraneka jenis pohon Mangrove langka. bila diukur dari dermaga karimunjawa jarak hutan mangrove kurang lebih 2 kilometer.  Anda bisa menyusuri naturalnya hutan Mangrove milik Balai Taman Nasional Karimunajawa, sepanjang pinggiran  pantai Karimunjawa, jepara.

Di hutan ini bisa ditemukan berbagai jenis spesies Mangrove yang termasuk dalam 25 famili. Dalam kawasan pelestarian terdapat 25 spesies Mangrove sejati dari 13 famili dan 7 Mangrove ikutan dari 7 famili. Selain itu  di luar kawasan hutan, masih terdapat 5 spesies Mangrove ikutan dari 5 famili berbeda.

Hutan Mangrove di pulau Karimunjawa dan Kemujan didominasi jenis exoccaria agallocha sedang jenis yang penyebarannya paling luas adalah rhizopora stylosa.

Di wisata trek hutan Mangrove juga terdapat satu jenis yang sudah langka yaitu schipiphora hydrophilaceae, waru laut atau malvaceae, Mangrove getah atau luphorbiaceae, Mangrove tingen atau rhizophoraceae, Mangrove duduk atau combretaceae dan Mangrove pedada lanang atau sonneratiaceae.